Cara Mengubah Visa Pelajar untuk Tinggal di Jepang

Jika saat ini Anda sedang belajar di sekolah bahasa di Jepang dan ingin melanjutkan studi atau ingin mulai bekerja, Anda perlu mengubah status visa Anda.

Jika Anda sedang belajar di sekolah bahasa di Jepang dan ingin melanjutkan studi di universitas, atau Anda ingin mulai bekerja di Jepang. Apa pun itu, Anda di haruskan untuk mengubah status visa Anda. Untungnya, prosesnya tidak terlalu rumit!

Cara Mengubah Visa Pelajar untuk Tinggal di Jepang


Mengubah dari visa pelajar sekolah bahasa menjadi visa pelajar yang berbeda

Jika Anda berencana untuk melanjutkan studi di Jepang, maka Anda harus mengubah visa pelajar Anda meskipun memiliki visa pelajar yang sama dalam nama. sebenarnya ada berbagai macam visa, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Anda dapat mengajukan permohonan untuk perubahan ini sendiri, meskipun pihak sekolah Anda saat ini dapat membantu Anda.

Untuk mengubah visa pelajar Anda ke sekolah lain, Anda akan memerlukan dokumen-dokumen berikut:

- Dari sekolah Anda saat ini:

*Catatan kehadiran sekolah
*Transkrip nilai
*Sertifikat kelulusan

- Dari sekolah baru Anda:

*Sertifikat penerimaan (Bukan pemberitahuan penerimaan)
*Mengisi formulir aplikasi visa (Jangan khawatir, sekolah akan tahu harus memberi apa kepada Anda.)

- Persiapkan dokumen yang di perlukan:

*Salinan kartu tempat tinggal Anda (depan dan belakang)
*Salinan paspor Anda (halaman utama dan cap izin kerja saat ini)
*Uang (biaya imigrasi ¥ 4.000. Jika sekolah Anda akan mengajukan aplikasi untuk Anda, maka mereka mungkin juga mengenakan biaya untuk itu.)

Jika Anda pergi ke sekolah kejuruan (senmon gakko), Anda mungkin perlu menyerahkan :

Salinan buku bank Anda yang menunjukkan saldo saat ini, Jika Anda memiliki uang yang dikirimkan kepada Anda melalui transfer bank, Anda perlu salinan tanda terima transfer. Jika Anda sudah pulang dan membawa uang tunai dalam jumlah besar, maka Anda akan diminta untuk menyerahkan salinan masuk dan keluar perangko di paspor perjalanan Anda.

Ketahuilah bahwa jika kehadiran Anda tidak terlalu bagus di sekolah Anda, kemungkinan Anda akan ditolak visanya. Ini di luar kendali sekolah untuk memutuskan, jika imigrasi berpikir bahwa Anda akan menjadi siswa yang buruk di sekolah Anda berikutnya, mereka tidak akan memberikan kesempatan untuk anda, dan tidak akan ada cara untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut. Pastikan Anda memiliki kehadiran yang baik di sekolah Anda!

Mengubah dari visa pelajar menjadi visa kerja

Dokumen-dokumen yang Anda perlukan tergantung pada jenis visa yang ingin Anda ubah, tetapi, sebagian besar, semua dokumen yang diperlukan akan ditangani oleh perusahaan baru Anda. Mereka mungkin meminta Anda beberapa dokumen spesifik dari sekolah Anda, jadi siapkan saja apa yang mereka perlukan!

Merubah dari visa pelajar menjadi visa turis

Jika studi Anda telah selesai tetapi anda ingin tetap di Jepang untuk sedikit lebih lama, pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengubahnya menjadi visa turis. Untuk melakukan ini, cukup pergi ke kantor imigrasi, dan katakan kepada mereka bahwa Anda ingin melakukan perubahan visa. Mereka akan membutuhkan alasan, misalnya Anda ingin melakukan perjalanan untuk berkeliling di Jepang sebelum pulang. Mereka akan membatalkan visa lama Anda, dan melubangi kartu tinggal Anda, dan memasukkan visa baru anda ke dalam paspor Anda.

Setelah Anda mengganti visa, pastikan untuk menghubungi sekolah lama Anda, dan beritahukan kepada mereka! karena mereka perlu mengkonfirmasi bahwa Anda telah mengubah visa Anda untuk catatan mereka. Mereka mungkin meminta Anda untuk mengirimi gambar visa baru Anda.

LihatTutupKomentar
loading...