Cara Meredakan Hidung Pilek

Cara Meredakan Hidung Pilek


Pilek adalah kondisi seseorang ketika hidung mengeluarkan ingus atau lendir. suara yang bindeng dan ingus yang terus keluar dari hidung juga bisa terjadi akibat hidung tersumbat.

Pada umumnya kondisi ini disebabkan karena kondisi tubuh sedang menurun atau alergi, tidak hanya itu, hidung yang tersumbat juga akan menurunkan ketajaman indera penciuman dan bisa mengganggu aktivitas pengidapnya sehari-hari.

Meskipun tidak memungkinkan sepenuhnya untuk mencegah terjadinya pilek, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya. apa saja cara untuk mengatasi saat hidung pilek. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi saat hidung pilek.


1. Membuang Ingus

Hidung tersumbat bisa membuat anda sulit untuk bernapas. Akibatnya tidur pun menjadi tidak nyenyak. pada saat anda susah untuk bernapas tutuplah salah satu lubang hidung anda, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tertutup. Lakukan terus menerus agar ingus bisa keluar dari lubang hidung anda sehingga pernapasan kembali normal.


2. Perbanyak Mengonsumsi Madu

Madu mengandung sifat antimikroba yang bisa membantu sistem imunitas tubuh lebih efisien melawan peradangan akibat pilek. Cukup minum madu murni sebanyak satu sendok makan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.


3.Banyak Minum air Hangat

Minum air hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer. Selain itu minum air secara teratur juga bisa membantu anda untuk tetap terhidrasi. Cara sederhana ini memungkinkan ingus di saluran hidung untuk keluar.


4. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan, larutan air garam dapat membantu mencairkan lendir yang menempel di hidung dan tenggorokan. Jika hidung tersumbat terjadi bersamaan dengan sakit tenggorokan Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat atau lemon tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.


5. Mandi Dengan Air Hangat

Biasanya, batuk dan pilek akan makin menjadi-jadi saat udara kering. Karena itu, anda bisa mandi dengan air hangat untuk mengurangi batuk dan pilek. Selain mandi dengan air hangat, anda juga bisa menempelkan kompres hangat di dahi dan di atas hidung, untuk mengatasi hidung tersumbat. Rasa hangat yang di berikan kompres bisa menghilangkan nyeri dan meredakan peradangan lubang hidung.


6. Istirahat Yang Cukup

Cara menghilangkan flu dalam sehari bisa di lakukan dengan merebahkan tubuh dan tidur dengan nyenyak agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Jika pada saat istirahat masih sulit untuk bernapas anda di sarankan untuk menambahkan 1-2 bantal untuk menopang kepala anda.


LihatTutupKomentar
loading...