OLAHRAGA BASEBALL TERPOPULER DI JEPANG

OLAHRAGA YANG PALING POPULER DI JEPANG


Suasana di dalam stadion pada saat pertandingan berlangsung
suasana didalam stadion


Jepang memiliki berbagai jenis olahraga seperti olahraga tradisional dan olahraga modern. Beberapa di antaranya telah masuk ke ajang internasional. Dan kali ini kita akan membahas olahraga favorit Jepang yaitu baseball. Baseball termasuk salah satu jenis olahraga yang banyak memiliki peminat. Baik itu peminat untuk menjadi bagian dari olahraga, atau peminat sebagai supporter untuk mendukung tim favoritnya.

Budaya baseball di Jepang ini sudah dimulai sejak Zaman Meiji. Ada berbagai teori tentang mengapa baseball menjadi populer di Jepang, tetapi, yang paling terkenal adalah karena cuaca di Jepang sangat cocok dan olahraga ini sesuai dengan bentuk fisik orang Jepang.Selain itu, banyak juga saluran televisi yang menyiarkan pertandingan baseball profesional dan menjadi tontonan keluarga ketika menyantap hidangan malam.

Pada saat ini Baseball juga merupakan aktivitas umum bagi anak-anak di Jepang yang sangat kompetitif di SMA maupun SMP. Kejuaraan Baseball National High School setiap musim panas mencakup sebuah tim dari setiap prefektur Jepang. Televisi nasional dan menarik banyak orang.


Foto bersama dengan anak-anak pada saat latihan Baseball
Foto bersama dengan anak-anak pada saat latihan Baseball


Baseball atau yang dikenal dengan sebutan Yakyu di Jepang, adalah olahraga yang memiliki penonton domestik terbanyak, Tak hanya di tingkat universitas, baseball juga digilai di kalangan pelajar tingkat dasar.

Aturan bermain Baseball

Bola kasti atau dikenal dengan baseball adalah olahraga yang dimainkan dua tim. Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola bisbol, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang melempar berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar. Tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh marka di permukaan lapangan bisbol yang disebut base. Bisbol juga disebut sebagai hardball untuk membedakannya dengan sofbol.

Dasar Permainan

Bisbol dimainkan oleh dua tim di lapangan bisbol. Setiap tim memiliki 9 pemain. Wasit mengawasi jalannya permainan dengan cermat untuk menentukan peristiwa yang sebenarnya terjadi dan menjaga agar pemain mematuhi peraturan. Dalam pertandingan bisbol di Liga Baseball Amerika terdapat 4 orang wasit, walaupun kadang-kadang ada 6 orang wasit.

Di lapangan bisbol terdapat 4 marka yang disebut base. Base diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari base awal yang disebut home plate, diteruskan dengan base pertama, base kedua dan base ketiga. Base berbentuk bujursangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat base membentuk bujur sangkar yang disebut diamond. Masing-masing sisi lapangan bisbol panjangnya 27,4 meter. 

Bagian terpenting dari permainan bisbol adalah pertarungan antara pelempar (pitcher) melawan pemukul (batter). Pelempar melempar bola dengan secermat dan sebaik mungkin agar masuk ke bidang sasaran di atas home plate. Bola harus dilempar sedekat mungkin dengan pemukul agar dapat dipukul, tetapi pada saat yang bersamaan bola harus dilempar sekencang mungkin dan sesulit mungkin agar tidak dapat dipukul. Jika pelempar melempar bola di luar bidang sasaran di atas home plate dan pemukul tidak bereaksi, wasit akan berteriak "ball!" Jika pelempar terus melempar bola di luar bidang sasaran di atas home plate sebanyak 4 kali, wasit berteriak "ball four!" dan pemukul boleh bebas berjalan ("walk") ke base pertama.








LihatTutupKomentar
loading...