MENGENAL BUDAYA JEPANG

Mengenal-budaya-jepang


Budaya Jepang menjadi salah satu daya pikat wisata karena dikenal sangat unik dan khas yang membuat wisatawan tertarik untuk mendatangi negara ini. Tentunya akan meninggalkan kesan yang baik pada Anda setelah mengunjunginya nanti. Jepang merupakan salah satu negara paling unik di dunia terlebih budaya Jepang juga memiliki keunikan, baik dari segi modern maupun tradisional. Mulai dari kehidupan beragama di Jepang, masakan, arsitektur, seni pertunjukkan, dunia mode, onsen, kimono, citra yang lebih tradisional seperti  upacara tradisional, kuil dan tentunya masih banyak lagi lainnya.

Di satu sisi, budaya Jepang terkenal dalam sejarah yang kaya dan tradisi yang mendalam sejak ribuan tahun yang lalu. Di sisi lain masyarakat Jepang adalah masyarakat yang terus menerus mengalami perubahan yang cepat, dan terus berkembang dengan mengikuti tren baru dalam dunia mode, teknologi, dan mendorong batas-batas apa yang mungkin.

Saat ini, budaya Jepang sangat menonjol sebagai salah satu budaya terkemuka dan paling terkemuka di seluruh dunia, terutama karena jangkauan global budaya populernya. Jika Anda mencari sesuatu dan budaya yang berbeda dari yang lain, Anda pasti akan menemukannya di Jepang. Begitu juga dengan tempat wisata di Jepang yang tak kalah seru juga untuk dikunjungi.

Kimono きもの


kimono pakaian khas jepang

Kimono merupakan budaya Jepang yang mana jenis pakaian tradisional Jepang yang terdiri dari lapisan jubah yang terbuat dari sutera, kain brokat sutra atau satin tenun. Untuk harga dari kimono ini memang cukup mahal namun ada juga yang menggunakannya sebagai pakaian sehari-hari di Jepang. Namun untuk zaman modern saat ini, kimono dianggap pakaian formal, tergantung fungsi digunakannya kimono juga.


Baju tradisional ini ternyata bukan sekedar penutup tubuh. Banyak falsafah hidup yang terkandung di dalamnya. Mengenakan kimono tidak boleh sembarangan. Ada aturan khusus yang harus diikuti. Tidak hanya itu, banyak hal unik yang dilakukan masyarakat berkaitan dengan hal-hal tersebut

Misalnya terdapat kimono khusus untuk wanita lajang, pengantin, atau geisha. Jika Anda sedang berlibur di Jepang, Anda bisa menyewa dan mengenakan pakaian tradisional Jepang yang satu ini

untuk wanita dikenal ada beberapa jenis menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri. Disamping itu kimono wanita juga memiliki berbagai aksesoris tambahan yang cukup banyak.

Baca Juga Cara Magang Ke Jepang

Masakan Jepang  りょうり





Masakan Jepang terkenal selalu istimewa dan tak pernah terlewatkan untuk dicoba. Setiap wilayah di Jepang memiliki variasi hidangan khasnya sendiri dengan bahan-bahan yang dipilih dengan cermat untuk melengkapi cita rasa masing-masing. Beras telah menjadi makanan penting dan sumber nutrisi selama ribuan tahun dan telah digunakan untuk membuat makanan seperti kue beras dan bumbunya, seperti Sushi, Teriyaki, Yakitori, Okonomiyaki, Tempura, dan Udon. 

Selain kaya akan beras, masakan Jepang juga banyak yang berasal dari daging atau ikan. Selain itu makanan Jepang yang terkenal di Indonesia adalah tidak lain adalah Ramen dan Takoyaki. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi di telinga Anda.


Set makanan atau teishoku di Jepang menjanjikan makanan murah, berisi, dan seimbang. Restoran di Jepang umumnya lebih mahal, tetapi tawaran makan siang mereka tidak dapat dikalahkan. 

Makanan yang biasanya memiliki harga beberapa ribu yen akan menjadi sebagian kecil dari harga aslinya saat makan siang. Salah satu contoh makan siang itu adalah menu kyudon, yang biasanya mencakup semangkuk nasi, beberapa lauk utama, dan sup atau makanan penutup. 

Hidangan ini biasanya dijual dengan kisaran harga 500 yen (orang Jepang menyebutnya “satu koin”) hingga 1.500 yen. Walaupun banyak makanan tradisional Jepang yang berbahan dasar ikan, ada juga beberapa masakan Jepang yang umumnya menggunakan daging babi atau kaldu babi. 

Beberapa makanan Jepang yang banyak di campuri dengan kaldu babi di antaranya : ramen, tonkatsu, gyoza, okonomiyaki, kare dll. Jika ingin berbelanja bahan makanan atau makanan kemasan di supermarket  atau minimarkaet sebaiknya bawalah catatan bahan - bahan makanan yang diragukan kehalalannya. dan apabila ragu-ragu dengan kandungan makanannya, disarankan untuk bertanya langsung kepada pelayannya di toko,  restoran atau petugas hotel. 

Matsuri  まつり


matsuri

Matsuri adalah istilah agama Shinto yang berarti persembahan ritual.dalam pengertian sekuler, matsuri berarti festival atau perayaan di Jepang. Sebagian besar matsuri diselenggarakan dengan maksud untuk mendoakan keberhasilan tangkapan ikan dan keberhasilan panen (beras, gandum, kacang, jawawut, jagung, kesuksesan dalam bisnis, kesembuhan dan kekebalan terhadap penyakit, keselamatan dari bencana, dan sebagai ucapan terimakasih setelah berhasil dalam menyelesaikan tugas berat.


acara matsuri jepang


Matsuri juga diadakan untuk merayakan tradisi yang berkaitan dengan pergantian musim atau mendoakan arwah tokoh terkenal. makna upacara yang dilakukan dan waktu pelaksanaan matsuri beraneka ragam sesuai dengan tujuan penyelenggaraan matsuri.

Pada penyelenggaraaan matsuri hampir bisa di temui prosesi atau arak - arakan mikoshi, dashi(danjiri) dan yatai yang semuanya merupakan nama-nama kendaraan berisi kami atau objek pemujaan. Pada matsuri juga bisa dijumpai chigo (anak kecil dalam prosesi), miko (gadis pelaksana ritual), tekomai (laki-laki berpakaian wanita), hayashi (musik khas matsuri),  penari peserta dan penonton yang berdandan dan berpakaian bagus, dan pasar malam beraneka makanan dan permainan.

Pemerintah daerah atau kelompok warga kota juga menyelenggarakan festival yang di sebut shimin matsuri (festival rakyat). Festifal ini diadakan untuk menghidupkan perekonomian daerah dan tidak berhubungan dengan institusi keagamaan.

Daftar festival di Jepang

  • Festival Salju Sapporo (Sapporo, Prefektur Hokkaido, Februari)
  • Festival Salju Iwate (Koiwai Farm, Shizukuishi, Prefektur Iwate, Februari)
  • Yosakoi Sōran Matsuri (Sapporo, Hokkaido, Juni)
  • Niigata Odori Matsuri (Niigata, Prefektur Niigata, pertengahan September)
  • Odawara Hōjō Godai Matsuri (Odawara, Prefektur Kanagawa)
  • Yosakoi Matsuri (Kochi, Prefektur Kochi, 9-12 Agustus)
  • Hakata Dontaku (Fukuoka, 3-4 April)
  • Hamamatsu Matsuri (Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, 3-5 Mei)
  • Wasshoi Hyakuman Natsu Matsuri (Kitakyūshū, Prefektur Fukuoka, Sabtu minggu pertama bulan Agustus)

Origami  おりがみ



origami


Seni Origami berasal dari kata ori yang berarti lipat, dan kami yang berarti kertas merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami sudah dikenal dibanyak Negara, secara umum untuk membuat origami kita bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan origami di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami. 


Origami merupakan budaya orang Jepang yang terkenal bahkan sampai seluruh dunia. Budaya origami sering diajarkan pada usia anak-anak untuk meningkatkan daya berpikir anak. Origami ini sangat menarik karena bisa membuat sebuah kertas menjadi beragam bentuk. Wisatawan yang mengunjungi Jepang pun banyak yang tertarik untuk belajar membuat origami.


Perbedaan antara kertas biasa dan kertas origami hanyalah dari segi design dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat origami menjadi semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti lipatan kertas menjadi lebih mudah.

Perpisahan  ぶんり

pamit untuk berpisah setelah menyelesaikan kontrak 3 tahun

Jeritan Hati Dari Seorang Pemagang  Jepang.

Saat - saat indah itu terasa cepat berlalu ya, tak terasa  harus merasakan yang namanya perpisahan. Hah, aku paling benci membicarakan perpisahan. Entah perpisahan dalam bentuk apapun. Aku benci dengan kata perpisahan, perpisahan hanya akan mendatangkan kesedihan. Bagiku tak ada perpisahan yang indah. 

Siapa sih yang menginginkan perpisahan, hah. Tapi ini lah kenyataanya, jika ada tawa maka akan ada tangisan, jika ada kebahagiaan maka suatu saat akan ada kesedihan dan seperti yang kurasa saat ini.

Bukan tentang Siapa yang pergi dan yang akan datang selanjutnya.
Tapi tentang sebuah arti kenyamanan, saling mengerti, dan tanggung jawab.
Saya bangga memiliki atasan yang tidak hanya sekedar memerintah, tapi juga menunjukkan cara menggapai kesuksesan.

Terimakasih お父さんお母さん atas bimbingan dan pelajaran - pelajaran yang berharga selama ini,
Berharap semoga kelak, bisa bertemu kembali, dengan keadaan sehat wal afiat. Amiiiiiiiin :)
LihatTutupKomentar
loading...